Jumat, 04 Mei 2018

Gunung sindoro via alang alang sewu

Ada sejumlah gunung indah yang menjadi destinasi pendakian favorit bagi kalangan pendaki salah satunya panorama gunung sindoro.

Provinsi Jawa Tengah sendiri banyak pilihan pendakian untuk dituju, Semua gunung yang ada di dalamnya menawarkan pemandangan yang begitu indah, ada gunung selamet, gunung sumbing, gunung merbabu, gunung merapi, gugusan pegunungan dieng, dan masih banyak lagi destinasi pendakian yang belum saya sebutkan.

Dan yang akan saya kupas dalam tulisan pengalaman perjalanan saya kali ini adalah gunung sindoro.
Gunung Sindoro, atau yang juga kerap disebut Gunung Sundoro, memiliki ketinggian 3.153 mdpl di atas permukaan laut. Gunung ini terletak di sekitar Kabupaten Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah.

Gunung Sindoro merupakan gunung berapi aktif berkarakter gunung kerucut tipe Strato, dan terakhir sekali meletus tahun 1971 silam.Bersama Gunung Sumbing yang berhadapan dengannya, Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing kerap dianggap sebagai ‘Gunung Kembar’ dalam artian harafiah karena mirip bentuknya dan lokasinya pun berhadapan sangat dekat.

Dalam libur pekan hari buruh saya manfaatkan untuk mencoba menjelajahi hutan gunung sindoro, kali ini jalur alang sewu yg saya pilih. Teman perjalan kali ini bang hery ceker, beliau beberapa kali menemani perjalanan saya dibeberapa perjalanan sebelumnya.
Beberapa tahun lalu saya pernah mencicipi gunung sindoro, waktu itu perjalanan ke gunung sindoro via keledung tepat setelah usai mendaki gunung sumbing,

Perjalanan Dari jakarta menuju wonosobo pada awalnya adalah  perjalanan yang sangat amat menyebalkan, sepanjang bis mulai bergerak bis hanya mampu bergerak tidak lebih dari 20km/jam alias macet parah, untuk sampai ke kebakasi saja saya harus bersabar hingga 4 jam lamanya.
Setibanyanya diterminal mendolo kami bertemu salah satu rombongan pendaki yang hendak mendaki sindoro juga, loby pun terjadi yg sedari awal mereka berencana menjajal jalur kledung akhirnya terbuai juga untuk menjajal jalur baru alang sewu, dan akhirnya perjalanan saya dan bang ceker bertambah anggota, perjalanan dari terminal mendolo
kami lanjutkan menuju desa anggrungondok desa awal memulai perjalanan sindoro via alang sewu.

Tepat didesa anggrungondok bis kami berhenti, desa gondok berada sebelum garung (jalur gunung sumbing) dan pintu masuk kledung (jalur populer gunung sindoro). Tidaklah sulit menemukan pemberhentian jalur alang sewu, persis ditepi jalan sudah terpasang spanduk informasi base camp alang sewu lalu diseberangnya terdapat pula alfa mart guna menambah perbekelan yang dirasa kurang.

Tidak jauh dari jalan raya parakan penghubung kota wonosobo dan temanggung informasi pemberhentian menuju basecamp pajero atau pengurus pendakian gunung sindoro via alang alang sewu terpampang jelas dengan spanduk besar yang menandakan lokasi, atau juga dapat memesan kepada kernet bis untuk diturunkan di desa anggrungondok atau lebih familiar lagi goa maria.
Dari terminal mendolo (wonosobo) naik bus jurusan magelang.

Sesampainya di basecamp sambutan hangat kami terima dari pengurus base camp pajero (pengelola jalur alang sewu) tidak lupa segala informasi kami kulik dari pengelola. Dengan biaya retribusi pendakian sebesar sepuluh ribu rupiah perorang kami sudah bisa melintasi jalur alang alang sewu, tak lupa juga mengisi buku izin mendaki dengan menyertakan data diri dan nomer telepon yang dapat dihubungi sebagai salah satu syarat pendakian.
Base camp pajero ini bagi kami terbilang sangat amat cukup baik, terdapat area tempat memarkir kendaraan bagi yang menggunakan mobil/motor pribadi, soal kenyamanan
basecamp tak perlu diragukan lagi ruangan berkapasitas cukup besar beralaskan karpet sebagai pelindung dingin, berbagai makanan dan minuman yang bisa dipesan kapan saja, segala macam sovenir pernak pernik bertemakan gunung sindoro, colokan (yang tak kalah pentinh) untuk mengisi daya telepon seluler dan sebagainya hingga wifi yang disediakan pengelola dengan tarif seiklhasnya.

Spanduk tanda pemberhentian ditepi jalan yang menandakan tempat
pemberhentian dijalan lintas wonosobo-temanggung

Basecamp Pajero desa anggrungondok

Jalur yang baru diresmikan sekitar satu tahun yang lalu ini dikelola oleh KPA PAJERO, dengan membayar uang sebesar sepuluh ribu rupiah lalu mencatatkan nama alamat dan data diri lengkap kami sudah diizinkan untuk mendaki gunung sindoro via alang alang sewu.

Perjalanan awalmenuju pintu rimba romantisme warga setempat yang selalu melemparkan senyum dan sapanya kepada kami menemani perjalanan awal kami, setelah kami melewati dusun anggungrondok lalu ladang perkebunan yang sangan panjang, dengan berlatar gunung sumbing di arah belakang dan gagahnya gunung sindoro didepan menambah semangat semakin berlipat ganda agar cepat sampai pos 3 alang sewu, pos 3 yang kami rencanakan sebagai camp kami malam nanti,
Menuju pintu rimba dari basecamp pajero membutuhkan sekitar 1 jam, setelah memasuki gerbang dominasi hutan rapatpun seakan menjadi payung alami kami untuk menghalau teriknya matahari.
Menuju pos 1 atau yang disebut juga lembah kesunyian dari pintu rimba membutuhkan waktu sekitar 45 menit dengan medan yang masih dibilang cukup landai,

Pintu rimba sebagai batas vegetasi dan jalur pendakian alang alang sewu

Melintasi perkebunan pendudduk menuju pintu rimba

Pos 1 lembah kesunyian

Diawal perjalanan menuju pos 2 medan masih terasa landai sesekali kemiringan sampai 30 derajat tersaji didepan mata, medan masih rapat khas pegunungan sindoro, sebelum sampai pos 2 ada sebuah pipa yg pecah mengalirkan air yang sangat jernih, ada satu lagi sumber air dan sumber air tersebut yg sebenarnya direkomendasikan bagi para pendaki, karena sumber air yg sebelumnya penggunaanya diperuntukan untuk warga setempat, namun menuju sumber air tersebut agak menjauh dari jalur kira2 sekitar 10 menit dengan jalur yg kecil dan agak tertutup ilalang, setelah dirasa perbekalan air cukup kami melanjutkan perjalanan menuju pos 2, waktu tempuh menuju pos 2 satu jam 30 menit. Pos 2 merupakan dataran memanjang cukup untuk beberapa tenda. Pos 2 disebut juga lembah katresnan.

Pos 2 lembah katresnan

Melanjutkan perjalanan menuju pos 3 dengan jalur semakin menanjak, diawal perjalanan medan rapat masih tersaji, selang perjalanan 30 menit medan mulai terbuka dengan ilalang dikanan kiri jalur, waktu tempuh menuju pos 3 sekitar 1 jam 30 menit. Pos 3 disebut juga spot sunrise jalur alang sewu dengan berlatar gunung sumbing dan pemandangan cahaya kota yang sangat cantik jika dilihat malam hari, di depan gagahnya gunung sindoro memanjakan mata, kami putuskan bermalam disini berharap besok pagi cuaca bagus dan panorama matahari terbit via alang sewu yang terkenal dikalangan pendaki menyapa pagi kami esok.

Pos 3 alang alang sewu

Sunrisse dari pos 3 berlatar gunung sumbing, merapi dan merbabu

Psunrise dari pos 3 alang alang sewu

Perjalanan kami lanjutkan kembali, medan khas puncak sindoro yang "menyebalkan" membuat ngilu semakin menjadi-jadi, selama perjalanan menuju puncak, gagahnya gunung sumbing dibelakang seakan membuat perjalanan semakin lambat karena saking asyik memandanginya, ada sebuah "spot foto" yang pasti setiap pendaki gunung sindoro via alang sewu menyempatkan berfoto disitu dan namanyapun sedikit menyentil kaum tak berpasangan (jomlo) selo gemiling atau batu jomlo.

Spot ini adalah sebuah batu besar yang puncaknya menjorok kearah gunung sumbing seakan menantang gagahnya gunung sumbing selo gemiling menyajikan panorama yang sangat indah, kalau menurut saya sendiri kenapa dinamakan batu jomlo karena dipuncak batu besar itu cuma aman hanya untuk dipijak seorang diri (sekali lagi itu pendapat saya)

Selo gemiling (batu jomlo)

Pos4 jalu mulyo

Melanjutkan perjalanan kembali menuju puncak sindoro sangat amat membutuhkan kesabaran ektra medan mendaki berbatu yang terjal memperlambat perjalanan kami, namun pada akhirnya kesabaran dan usaha membuahkan hasil, untuk kali kedua saya bisa menginjakan kaki dipuncak gunung sindoro dengan melintasi 2 jalur yg berbeda, waktu tempuh dari pos 4 menuju puncak sekitar 1 jam.

Puncak alang alang sewu

Kawah gunung sindoro

1. Assalamualaikum bang.. kalo dr Wonosobo ke blok m naek apa ya??

Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Hapus
    2. Biasanya untuk tujuan trip sekitar jawa tengah saya biasa menggunakan jasa bus sinar jaya.. untuk pool sinar jaya paling dekat dari blok m ada di pasar minggu, lebak bulus, kmp. Rambutan

2. Mau tanya bang, untuk sumber air ada di pos berapa ya?

Balasan
    1. Yg direkomendasikan itu sebenarnya ada sebelum pos 2 kak.. agak keluar dari jalur sedikit sekitar 10menit untuk sampai disumber air tersebut, patokanya tanah tidak begitu lapang sebelum pos 2, namun sebelum sampai di tanah lapang tersebut ada juga jalur pipa pengairan penduduk setempat yang pecah dan airnya mengucur disebelah kiri kalo kita arah menuju puncak,

Hapus
  3. bisa ngecamp dipuncak nya gk ??

Balasan
    1. Lebih enaknya camp di pos 3 kak, sunrise spotnya sangat cantik. Gunung sindoro termasuk gunung vulkano aktif, yg aroma belerang nya sangat menyengat jika kita berada dipuncak. Jadi kalo hemat saya camp dipuncak sangat tidak disarankan kak?

Hapus
  4. Saya dari wonosobo barqng kali mau tau info lebih detail tentang cuaca dan gunung sekitar wonosobo bisa wa saya 081335922538 terimakasih 🙏🙏

5. Klo summit tenda ditinggal atau Dibawa Sama Ceril yaa

6. Klo summit tenda ditinggal atau Dibawa Sama Ceril yaa

7. Klo summit tenda ditinggal atau Dibawa Sama Ceril yaa

8. Untuk yg berniat lintas kledung atau jalur lainya tentunya peralatan tetap dipanggul sampai puncak kak, tapi jika rencana turun tetap dengan jalur yang sama via alang sewu baiknya ditinggal saja di pos alang sewu pos 3 (sunrise hunter), mengingat medan yang makin terjal khas perjalanan sumit pada umumnya.
    untuk keamanan tentunya semua tidak ada yang menjamin, tapi sepengalaman saya, jalur alang sewu masih aman dari tindak pencurian digunung.. tetep perhatikan barang barharga.. 🙏🏼

9. Klw via alang2 sewu summit agak terang skitar jam 6-7 bisa gak ya kang?

Balasan
    1. Sayang rasanya jika tidak menikmati sunrise dari spot yg alang alang sewu, karena pemandangan sangat indah jika cuaca cerah, jadi memang paling pas untuk sumit setelah menikmati sunrise dari pos alang alang sewu atau sekitar jam 6

10. Balasan
    1. Normalnya dari pos 3 menuju pos 4 sekitar 1 jam kang, sejauh perjalanan menuju pos 4 banyak spot spot foto bagi yg suka cekrak cekrek, otomatis perjalanan jadi agak "terganggu". Tapi normalnya 1 jam kang

2. Normalnya sih 1 jam kang, namun sepanjang perjalanan menuju pos 4 banyak spot dan berlatar gn. Sumbing yg sayang jika dilewati buat bercekrek cekrek ria, makin banyak berhenti makin memakan waktu waktu tentunya..

Hapus
  11. Untuk pemula mohon pencerahan mengenai jalur yg lebih enak via keledung atau alang-alang sewu.
    Terimakasih

Balasan
    1. Keduanya sih punya karakter yg mirip, tapi menurut saya jalur alang sewu lebih nyaman

Hapus
  12. If you're looking to burn fat then you have to try this totally brand new custom keto meal plan.

To produce this keto diet service, certified nutritionists, personal trainers, and top chefs united to develop keto meal plans that are productive, suitable, price-efficient, and satisfying.

Since their grand opening in 2019, hundreds of people have already transformed their figure and health with the benefits a professional keto meal plan can give.

Speaking of benefits: in this link, you'll discover 8 scientifically-certified ones provided by the keto meal plan.

Tak ada lagi istilah "...sumber air suu dekat kakak..."

Bicara leuweung (hutan) dalam konsep budaya masayarakat parahiyangan dikelompokan dalam 3 zona : Perampasan hak hutan  1. Leuweung Titipan ...